Total Tayangan Halaman

Minggu, 09 Mei 2010

PEMULUNG DAN PENGAMEN

Dalam kehidupan ini yang mulai banyak menggunakan teknologi dari pada menggunakan sumber daya manusia, sehingga dalam kehidupan ini masih banyak masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Banyak masyarakat yang mengambil pekerjaan yang tidak membutuhkan ijazah atau sertifikat untuk memperoleh pekerjaan itu karena diIndonesia yang kita tempati ini apabila ingin melamar pekerjaan harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu masyarakat mempunyai ide untuk memperoleh pekerjaan, mereka memanfaatkan lingkungan sebagai lahan pekerjaan mereka. Masyarakat yang berusaha mencari pekerjaan, sebagian dari mereka memilih untuk bekerja atau melakukan pekerjaan sebagai pemulung dan pengamen.

Pemulung merupakan pekerjaan yang tidak banyak memerlukan persyaratan dan memerlukan modal banyak untuk bekerja seperti itu. Pemulung merupakan pekerjaan yang cukup baik apabila banyak yang tidak diterima sebagai karyawan dan mereka yang tidak mempunyai persyaratan dan modal. Dari pada mereka harus menjadi sampah masyarakat seperti pencopet, penjambret, perampok atau penjahat lainnya yang hanya bias meresahkan masyarakat dengan merampas hasil kerja mereka. Pemulung memanfaatkan sisa dari lingkungan yang bias didaur ulang lagi dan bisa memperoleh uang untuk melangsungkan hidup mereka. melakukan pekerjaan sebagai pemulung membutuhkan kemampuan atau skill yang cukup karena mereka harus terus berjalan dari satu tempat ketempat yang lain untuk memperoleh barang-barang yang sudah tidak dipakai tapi bias didaur ulang untuk menjadi barang baru lagi.

Dalam pekerjaan ini banyak komunitas yang terjalin, sehingga banyak para pemulung yang bekerja sama untuk membangun pekerjaan sebagai pemulung dan menjadikan lahan untuk memperoleh uang untuk melangsungkan hidup mereka.

Banyak pemulung sekarang yang sudah maju dengan cara memperoleh barang-barang bekas mereka menukarkan barang yang baru atau uang yang relative lebih murah atau kecil agar mereka memperoleh keuntungan dengan cara seperti itu. Pemulung bukan pekerjaan hina yang kegiatan pekerjaannya mencari atau mengambil sisa-sia dari masyarakat yang tidak tahu atau malu untuk mengumpulkannya agar bisa dimanfaatkan kembali. Pemulung merupakan pekerjaan yang cukup bijaksana dan baik karena mereka memanfaatkan sisa dari lingkungan agar bisa menjadi barang baru lagi yang bisa dimafaatkan lagi oleh masyarakat.

Dalam kehidupan ini juga banyak juga masyarakat yang mengandalkan kemampuan mereka dalam suara, mereka melakukan pekerjaan sebagai pengamen untuk memperoleh uang agar bisa melangsungkan hidup mereka. Dalam hal ini pengamen terbagi menjadi dua yaitu pengamen yang terkenal (musisi/artis) dan pengamen jalan. Tapi yang dibahas disini adalah pengamen jalan yang berusaha mencari sesuap nasi untuk melangsungkan hidup mereka. Pengamen jalan merupakan pekerjaan yang dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk menghasilkan uang.

Pengamen jalan merupakan pekerjaan yang cukup baik dan menyenangkan, pengamen bisa menghibur para masyarakat yang sedang dalam perjalanan atau yang sedang pusing atau yang sedang membutuhkan hiburan. Dengan adanya pengamen mereka tidak cukup banyak mengeluarkan uang untuk bisa terhibur.

Dari pada mereka melakukan kejahatan yang bisa meresahkan masyarakat. Mereka mengandalakan kemampuan mereka agar para masyrakat yang sedang melakukan perjalanan merasa terhibur.

Dalam hal ini saya pun sebagai penulis pernah merasakan sebagai pengamen jalan. Karena saya ingin tahu betapa beratnya pengamen jalan yang mencari sesuap nasi untuk melangsungkan hidup.

Saya merasakan banyak suka duka dalam melakukan pekerjaan sebagai pengamen jalan. Banyak para masyarakat yang mengharagai dan banyak juga masyrakat yang acuh terhadap pengamen jalan dan terkadang pengamen jalan dihina dan dicaci maki oleh masyrakat yang merasa terganggu. Padahal mereka belum tahu maksud para pengamen jalan yang ingin menghibur masyarakat.

Jadi pekerjaan sebagai pemulung dan pengamen merupakan pekerjaan yang cukup baik dan halal karena mereka melakukan itu setulus hati dan tidak merampas hasi dari orang lain yang merupakan hasil kerja mereka. Pemerintah juga harus lebih memperhatikan pemulung dan pengamen yang berada diIndonesia agar mereka bisa dihargai dilingkungan mereka dan memberikan arahan agar bisa menjadi lebih baik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Mufid Suryani
baik,tidak sombong,agak lumayan sedikit rada ganteng,lucu,ngegemesin,pintar,petakilan
Lihat profil lengkapku

WELCOME

TeRImA kAsIH aTaS kUnJuNgAnYa
Powered By Blogger
mufid suryani. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut